LLD 2014 AKADEMI BERBAGI – PUNCAK RITUAL

Bulan maret, menjadi bulan yang paling ditunggu oleh para relawan akademi berbagi dari seluruh Indonesia. Begitu pula saya dan para relawan akademi berbagi Semarang. Karena disana kami bertemu dengan banyak individu yang berbeda dan luar biasa dari seluruh Indonesia.  LLD (Local Leader Day) 2014 bertempat di Salib Putih Salatiga selama 3 hari dari tanggal 7 sampai tanggal 9.
Keberangkatan...
Titik Pertemuan untuk menuju ke Salatiga salah satunya adalah dari Semarang tepatnya di stasiun Tawang. Akber Jakarta, bogor, tangerang, depok, bekasi, bandung, dll turun di stasiun tawang yang kemudian akan di jemput bis, bersama dengan kami tentunya. Saya sendiri naik motor ke tawang, menitipkan motor dan kemudian naik bis meluncur ke Salatiga.
"di bis menuju Salatiga"
             Duduk dipaling belakang, sambil memandang kedepan melihat puluhan relawan sambil berguman “wow, aku bersama puluhan orang relawan yang tidak aku kenal dan nanti akan bertemu dengan ratusan orang relawan yang tidak aku kenal, 3 hari ini pasti akan luar biasa” :) . Suasana di bis tidak terlalu ramai, ya wajar saja..mungkin mereka lelah setelah perjalanan dari jakarta ke semarang.
            Sampai di Salatiga kami stay sebentar di rumah mbak ai (Founder Akademi Berbagi), ngobrol bahagia dan saling berkenalan dengan para relawan. Ada yang sudah berkeluarga, ada yang belum berkeluarga, ada yang sudah bekerja, ada yang masih mahasiswa, dan selalu ada yang masih skripsi dan lain sebagainya, mereka adalah warna warni kehidupan yang membuatnya tidak bosan.
Hari Pertama..
            Sesampainya di Salib Putih, Acara pertama seperti biasa adalah Perkenalan, perkenalan dari masing – masing kota. Yang terjauh adalah dari Labuhan Batu (Aceh). Kemudian sambutan dari mbak ai yang mengharu biru :). Lalu pembagian kamar, salah satu sesi yang menarik karena kamar dihuni 4 orang dari kota yang berbeda, saya sendiri mendapatkan kamar bersama Akber kota Malang, Jember dan Palembang.
            Masuk ke kamar hotel yang nyaman dan spesial, berkenalan dengan mas Sahad (Akber Jember), mas Jony (Akber Palembang) dan mas Diestra (Akber Malang), mereka adalah pemuda – pemuda yang luar biasa.
"Pemuda - Pemuda Harapan Bangsa"
            Menginjak malam hari, Acara dilanjutkan dengan Pembicara dari Internet Sehat, mas DonnyBu. Beliau membicarakan tentang Pelecehan Seksual dan lain sebagainya yang ada dunia maya, materinya sangat menarik dan mencerahkan, walaupun ada bagian yang kurang asyik yaitu adanya sensor dari gambar – gambar yang ditampilkan.
"DonnyBu berceramah"
Hari kedua...
            Hari kedua di isi oleh Tiga Pijar yang berisi 3 Pembicara yang luar biasa. Ini adalah sesi menarik kedua dari LLD tersebut, Duduk berkelompok satu meja bersama delapan relawan dari kota berbeda termasuk saya.
"Satu Kelompok, yg 3 lgi nggk ikut foto, haha :)"
Dimulai dari menentukan partner, masing – masing curhat dan bercerita tentang mimpinya kepada partner dan juga kelompok. Sesi berikutnya disediakan kertas karton, gunting, majalah, koran dan lem untuk membuat semacam poster dengan menempel mimpi masing – masing di kertas karton dari beberapa majalah dan koran. Saya menulis dan menempel Setengah dari mimpi saya. Saya yang paling cepat membuatnya, karena mimpi saya yang paling sedikit, Cuma 2 saja, (1) Jadi Pengusaha/pedagang, (2) Mendirikan Studio Desain. Dan ketika sesi show tentang mimpi, luar biasa...saya melihat dan mendengar mimpi – mimpi mereka yang..luar biasa, Mereka adalah Relawan dengan impian yang Hebat. Dilanjutkan sesi Malam Minggu, ada api unggun dikelilingi para relawan, saling bertukar hadiah, mendengarkan alunan musik, sampai pagi. :)
Hari Ketiga...
            Foto Keluarga besar Akademi Berbagi mengawali hari, kemudian makan, lalu sesi berikutnya dari Prof. Roby Muhammad, beliau adalah profesor pertama di bidang sosial media di Indonesia, beliau juga Dosen di Universitas Indonesia. Sesi ini adalah sesi menarik ketiga menurut saya. Beliau menceritakan tentang perkembangan kelompok, komunitas dan gerakan manusia. Dan yang paling menarik adalah ketika membicarakan tentang “Ritual” :).
"Foto Bersama" Foto by Roni Azhar
Perjalanan Pulang..

            Kegiatan 3 hari yang hebat dan menjadi catatan sejarah bagi saya sebagai relawan/Volunteer Akademi Berbagi Semarang. Dari Salatiga menuju Semarang dan lanjut ke kota Kudus, kampung saya. Terima kasih saya ucapken kepada Tuhan, kepada mbak ai, kepada sahabat Akber Semarang dan kepada seluruh keluarga besar Akademi Berbagi seluruh Indonesia. Semoga bisa bertemu kembali di LLD 2016 bersama impian – impian yang sudah ada digenggaman. Dan semoga berdiri Akber dari kota Saya, Akber Kudus. :)
"Relawan Akber Semarang" 
"Akademi Berbagi" by Roni Azhar

0 Response to "LLD 2014 AKADEMI BERBAGI – PUNCAK RITUAL"

Posting Komentar