Meringkas dari buku Manage Your Day-To-Day



Perlu diperhatikan bahwa kata-kata yang terangkai ditulisan ini adalah hasil dari rangkaian kata  kata yang ada dibuku. Jadi tulisan ini bisa disebut sebagai “copy-paste-bermartabat”. :)

Kita harus bertindak, bereksperimen, gagal, menyesuaikan diri dan belajar setiap hari. Apalagi keleluasaan era internet sekarang membuat kita bisa bekerja dimana saja mengakibatkan kita bisa terjebak pada pola terus bekerja tanpa pernah berhenti sejenak untuk mengevaluasi diri, akibatnya kita bisa kalah jika terus bermain tanpa henti.

Pola terus bekerja melahirkan banyak alur, salah satunya alur kerja reaksioner yang selalu merespon hal – hal terkini. Untuk mengoptimalisasi seluruh alur kerja, kita perlu membangun pola rutinitas yang baik, dari bangun tidur sampai bangun tidur lagi, setiap hari.

Buku ini disusun oleh 99u, yang katanya adalah sebuah upaya untuk menghadirkan kurikulum yang hilang. Buku ini berisi tulisan – tulisan dari para ahli tentang bagaimana mereka membangun rutinitas, bahwa keberhasilan yang mereka capai bukanlah keajaiban yang dikerjakan sekali waktu atau beberapa kali waktu, tapi dikerjakan dengan rutinitas harian, setiap hari.

Buku ini terdiri dari beberapa bagian bagian, 1. Mengembangkan rutinitas, 2. Menemukan fokus didunia yang penuh gangguan, 3. Mengontrol penggunakan perangkat teknologi, 4. Mengasah pikiran kreatif.

Membuka bagian pertama, mengembangkan rutinitas. Tulisan dari salah satu ahli, aku mencoba meringkasnya dan ternyata tak mampu. Aku membalik lagi lembar berikutnya dari ahli lainnya, aku mencoba meringkasnya dan gagal lagi. Rangkaian kata-kata dibuku ini ditulis sungguh dengan sangat padat, semua kata – katanya penting dan dirangkai menjadi sangat penting. Aku mencoba menghitung jumlah kata dan halaman pada setiap tulisan dari para ahli ini dan mereka semuanya menulis rata – rata hanya 6 halaman dimana tiap halamannya berisi rata – rata 250 kata, seperti tulisan yang kalian baca ini. Jadi dengan menimbang banyak hal aku urung untuk meringkasnya, jika kalian ingin tau apa isi bukunya maka belilah, aku memberi 4 bintang dari 5 bintang di goodreads.

2 Responses to "Meringkas dari buku Manage Your Day-To-Day"

  1. Review yang bikin penasaran. Apalagi rutinitasnya. Di gramedia ada?

    BalasHapus