WPAP Thomas Jefferson


            Kali ini aku membuat WPAP Thomas Jefferson, Kenapa Thomas Jefferson? Setidaknya dia menjawab salah satu pertanyaanku yang belum sepenuhnya terjawab, tentang Bank dan Uang Kertas. Bagiku, Uang kertas membuat kekayaan tidak bisa dibatasi dan lahirlah orang-orang yg terlalu kaya (bukan berarti aku benci orang kaya lho ya..hehe..) dan terkadang aku berfikir kalo misalnya kembali menggunakan barter, padi dengan ikan ataupun emas & perak, mungkin dunia akan terasa lebih adil dan kekayaan bisa dibatasi. :)
            Thomas Jefferson, salah satu pendiri Amerika, membebaskan Amerika dari jajahan Inggris dan membeli beberapa tanah dari prancis dan spanyol. Thomas Jefferson menyusun Deklarasi Kemerdekaan, Dalam pasal pendek, ia menyusun filsafat revolusi saat itu, dan kemudian dikenal sebagai Piagam Hak-Hak Azazi Manusia. Pasal tersebut antara lain berbunyi: 
"Kami berpegang pada asas bahwa segenap manusia diciptakan sama, dan bahwa manusia diberkati oleh penciptanya dengan beberapa hak azazi yang tak boleh diganggu gugat, di antaranya adalah Hak untuk HIDUP, Hak untuk BEBAS, dan Hak untuk mengejar KEBAHAGIAAN. Untuk menjamin semua hak itu, pemerintahan yang dibentuk di antara manusia, memperoleh kekuasaan yang sah atas persetujuan pihak yang diperintah. Dan apabila sesuatu bentuk pemerintah menjadi penghalang bagi hak-hak tadi, maka adalah hak rakyat untuk mengubah atau menghapuskan pemerintahan itu, dan membentuk pemerintahan baru"

HIDUP, BEBAS dan KEBAHAGIAAN, mengingatkanku pada arah tujuan Tan Malaka yang tertulis dalam bukunya Naar de 'Republiek Indonesia' (Menuju Republik Indonesia) yaitu KEMERDEKAAN, KEBUDAYAAN DAN KEBAHAGIAN *halamanTerakhir

Thomas Jefferson menyatakan ketidaksukaan dan ketidakpercayaan kepada bank dan bankir serta menentang pinjaman dari mereka karena ia percaya itu menciptakan utang jangka panjang serta monopoli, dan kecenderung orang-orang untuk melakukan spekulasi berbahaya.
Pada 1791, Presiden Washington meminta Jefferson, yang pada saat itu adalah Sekretaris Negara dan Alexander Hamilton , yang Menteri Keuangan , jika Kongres memiliki kewenangan untuk membuat perbankan nasional . Sementara Hamilton percaya Kongres memiliki kewenangan, Jefferson percaya bahwa bank nasional dalam kapasitasnya akan mengabaikan kebutuhan individu dan petani kecil dan tidak konstitusional, dengan asumsi kekuasaan TIDAK diberikan kepada pemerintah federal oleh Amerika.
Jefferson bersama dengan para pengikutnya James Madison dan William Giles menuduh Hamilton menyalahgunakan administrasi dalam tugas-tugas kantornya dan untuk meminjam dana dari bank-bank Eropa untuk mendukung bank nasional atas perintah dan kepentingan spekulan yang tidak bermoral, namun usaha yang berkepanjangan untuk menghambat upaya Hamilton hampir menyebabkan  turunnya Jefferson dari kabinet Washington. Setelah banyak pertimbangan Jefferson tidak mampu membuktikan tuduhan dikenakan pada Hamilton.  Jefferson. Pada suatu masa Hamilton melakukan Duel dengan Aaron Burr (Wakil President) dan menewaskan Hamilton dengan peluru yang menusuk hati dan tulang belakang.
Thomas Jefferson juga menentang pinjaman bank yang membiayai Perang 1812 , karena khawatir hal itu akan membahayakan upaya perang dan terjun bangsa ke dalam utang jangka panjang yang serius. Di masa pensiun pada tahun 1816, ia menulis :
“The system of banking we have both equally and ever reprobated. I contemplate it as a blot left in all our constitutions, which, if not covered, will end in their destruction, which is already hit by the gamblers in corruption, and is sweeping away in its progress the fortunes and morals of our citizens. ... And I sincerely believe, with you, that banking establishments are more dangerous than standing armies; and that the principle of spending money to be paid by posterity, under the name of funding, is but swindling futurity on a large scale.” Thomas Jefferson – Letter to John Taylor, May 26, 1816

“Sistem perbankan kita miliki sama dan pernah terkutuk. Saya merenungkan sebagai noda tersisa di semua konstitusi kami, yang jika tidak ditutup, akan berakhir dalam kehancuran mereka, yang sudah terkena adalah para penjudi korupsi, dan menyapu dalam kemajuan nasib dan moral warga negara kita....Dan saya sangat percaya dengan Anda, bahwa perusahaan perbankan lebih berbahaya daripada tentara-tentara yang berdiri, dan bahwa prinsip membelanjakan yang harus dibayar oleh anak cucu dengan nama pendanaan adalah penipuan dalam jangka waktu yang lama dan dalam skala yang besar.” Thomas Jefferson - Surat kepada John Taylor, 26 Mei 1816

 

Itulah Sepenggal sejarah tentang kisah Thomas Jefferson, manusia biasa yang tentunya memiliki hal yang positif dan negatif. Sekian. :)


 ”If the American people ever allow private banks to control the issue of their currency, first by inflation, then by deflation, the banks and corporations that will grow up around(these banks) will deprive the people of all property until their children wake up homeless on the continent their fathers conquered.” (Thomas Jefferson)



"Jika orang-orang Amerika pernah membiarkan bank-bank swasta mengendalikan penerbitan uang mereka, pertama dengan inflasi, kemudian dengan deflasi, bank-bank dan perusahaan-perusahaan yang akan tumbuh sekitar (bank-bank) akan mencabut semua kekayaan rakyat, sampai anak-anak mereka menbangun tunawisma di benua yang ayah mereka taklukkan. "(Thomas Jefferson)

0 Response to "WPAP Thomas Jefferson"

Posting Komentar